RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTS ______________________________________________
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 2 JP
Standar Kompetensi :
Mendengarkan/ Istima’
Memahami makna dalam hiwar dan teks lisan sederhana
Kompetensi Dasar :
· Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana yang meliputi تعارف 2
· Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana yang meliputi struktur kalimat dasar yang meliputi ضمير dan اسم إشارة مفرد
· Merespon gagasan yang terdapat dalam hiwar dan teks lisan sederhana yang meliputi تعارف 2 dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi: ضمير dan اسم إشارة مفرد
Materi Pokok :
Istima’ tentang تعارف 2 dengan menggunakan 20 mufradat baru seperti هذا- هذه- هو- هي- يا- تلميذ- تلميذة- مدرس- مدرسة dengan struktur kalimat dasar yang terdiri dari(هذا/هذه) + علم – ضمير (هو/هي) + اسم اسم إشارة مفرد seperti هذا حسن،هو تلميذ – وهذه آمنة، هي تلميذة dan pertanyaan من..؟ هل...؟- نعم/لا
Indikator :
· Mendemonstrasikan تعارف 2 sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· Menjelaskan ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang تعارف 2 yang diperdengarkan
· Menjelaskan makna ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang تعارف 2 yang diperdengarkan
· Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang تعارف 2 dengan struktur kalimat dasar ضمير dan اسم إشارة مفرد yang diperdengarkan
· Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang تعارف 2 yang diperdegarkan
Metode : Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
· Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan تعارف 2 yang pernah didengarnya
· Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan تعارف 2
b. Kegiatan inti
· Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang تعارف 2 yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
· Siswa mendemonstrasikan تعارف 2 sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
· Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
· Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
· Siswa mengidentifikasi ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· Siswa menjelaskan ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
· Siswa mengidentifikasi makna ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang تعارف 2 yang diperdengarkan
· Siswa menjelaskan makna ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang تعارف 2 yang diperdengarkan
· Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang تعارف 2 yang disimaknya dengan bimbingan guru
c. Kegiatan Akhir
o Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v Ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
· Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya
Alat dan Sumber Belajar:
· Buku paket, perangkat pembelajaran طارق , linguaphone, kamus, majalah, komik, koran, kaset, VCD, alat peraga, dsb.
Penilaian
a. Bentuk tes : Lisan, tertulis dan peragaan
b. Materi tes :
Tes lisan tentang:
· penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
· penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
· makna ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2
Tes tertulis tentang :
· penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
· penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· makna ragam ضمير dan اسم إشارة مفرد dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2
· kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2 dan ضمير dan اسم إشارة مفرد
Peragaan : mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang تعارف 2 yang disimaknya
Mengetahui, Guru Bidang Studi
Kepala Madrasah Bahasa Arab
_________________________ _______________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar