Kamis, 14 Oktober 2010

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTS ______________________________________________


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  2 JP


Standar Kompetensi  :          
Mendengarkan/ Istima’
Memahami makna dalam hiwar dan teks lisan sederhana


Kompetensi Dasar  :
·       Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana yang meliputi  تعارف 2
·       Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana yang meliputi struktur kalimat dasar yang meliputi  ضمير dan  اسم إشارة مفرد 
·       Merespon gagasan yang terdapat dalam hiwar dan teks lisan sederhana yang meliputi   تعارف 2   dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  ضمير dan  اسم إشارة مفرد 


Materi Pokok :
Istima’ tentang تعارف 2   dengan menggunakan 20 mufradat baru seperti هذا- هذه- هو- هي- يا- تلميذ- تلميذة- مدرس- مدرسة   dengan struktur kalimat dasar yang terdiri dari(هذا/هذه) + علم – ضمير (هو/هي) + اسم     اسم إشارة مفرد seperti هذا حسن،هو تلميذ – وهذه آمنة، هي تلميذة   dan pertanyaan   من..؟ هل...؟- نعم/لا


Indikator :              
·        Mendemonstrasikan  تعارف 2   sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·        Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·        Menjelaskan ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد     yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 2   yang diperdengarkan
·        Menjelaskan makna ragam  ضمير dan  اسم إشارة مفرد  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang تعارف 2    yang diperdengarkan
·        Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 2    dengan struktur kalimat dasar    ضمير dan  اسم إشارة مفرد   yang diperdengarkan
·        Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang تعارف 2  yang diperdegarkan


Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)


Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
·        Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  تعارف 2   yang pernah didengarnya
·        Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan  تعارف 2  

b.   Kegiatan inti
·                   Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang تعارف 2    yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
·       Siswa mendemonstrasikan  تعارف 2  sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·       Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
·        Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·        Siswa mengidentifikasi ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·        Siswa menjelaskan ragam   ضمير dan  اسم إشارة مفرد   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
·        Siswa mengidentifikasi makna ragam  ضمير dan  اسم إشارة مفرد    yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 2    yang diperdengarkan
·        Siswa menjelaskan makna ragam  ضمير dan  اسم إشارة مفرد    yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 2    yang diperdengarkan
·                   Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang تعارف 2    yang disimaknya dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o       Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v      makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v      Ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد   dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v      Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
·        Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya




Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, perangkat pembelajaran طارق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, koran, kaset, VCD, alat peraga, dsb.


Penilaian
a.   Bentuk tes  :  Lisan, tertulis dan peragaan               
b.   Materi tes   : 
      Tes lisan tentang:    
·                 penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·        penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
·        makna ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد  dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2     

      Tes tertulis tentang :           
·                 penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·        penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·        makna ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد  dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·        makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2     
·        kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2    dan    ضمير dan  اسم إشارة مفرد

        Peragaan :      mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang تعارف 2    yang disimaknya 







Mengetahui,                                                                  Guru Bidang Studi
Kepala Madrasah                                                         Bahasa Arab



_________________________                                  _______________________


Tidak ada komentar:

Posting Komentar