Kamis, 14 Oktober 2010

MENGGAMBAR MENGGUNAKAN SHAPE DAN BRUSH



Emang sederhana sih, menggambar dengan  bantuan brush dan shape tapi hal ini akan mengasah dan melatih anda bagaimana anda berpikir agar posisi dan komposisi warna yang sesuai hingga anda dapat mengahsilkan gambar sederhana tapi terlihat lebih menarik. (cerdas komputer)


1. Buat halaman > 500x300 pixels  > Resolusi 72
2. Klik Foreground kemudian atur menjadi warna biru (00a6fc)
3. Klik Paint Bucket Tool lalu klik pada halaman kerja.
 
4. Lalu ubah kembali foreground menjadi warna cokelat (643b00)
5. Klik Rectangle Tool, lalu drag dari titik A ke titik B, lihat gambar
6. Klik kanan pada shape 1 > Rasterize  Layers 
7. Klik Filter > Blur > Gaussian Blur > Radius 3.7 pixels > OK
8. Lalu Atur Foreground : Hijau > Background : Hitam
9. Klik Brush Tool pada toolbox
10. Pilih Brush : Grass > Size : 134
11. Brush dari sudut kiri bawah ke sudut kekanan, lalu sebaliknya, lihat gambar
12. Hingga hasilnya seperti gambar di bawah
13. Kemudian klik custom shape tool kembali pada toolbox
 
14. Pada pilihan shape pilih clound 1 (berbentuk awan), lihat gambar.
15. lalu drag atur ukuran dan posisinya, seperti tampak gambar di bawah
 
16. Klik kanan pada bagian Layers 1 > Rasterize Type
17. Tekan Ctrl+J (duplicate) lalu tekan Ctrl+T (transform) lalu drag sudut titik skala.
18. Ulangin perintah Ctrl+J dan Ctrl+T atur posisi dan ukurannya hingga seperti tampak pada gambar.
19. setelah gambar awan beres !, Klik custom shape tool.
 
20. Pada bagian shape pilih bird (burung), atur posisinya seperti tampak pada gambar di bawah.
21. Tekan Ctrl+J (Duplicate) lalu Ctrl+T (Transform), atur posisi dan ukurannya hingga, menjadi 5 burung dengan ukuran dan posisi yang berbeda.
22. Maka hasilnya akan seperti tampak pada gambar di bwah ini.
 

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTS ______________________________________________


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  2 JP


Standar Kompetensi  :          
Mendengarkan/ Istima’
Memahami makna dalam hiwar dan teks lisan sederhana


Kompetensi Dasar  :
·       Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana yang meliputi  تعارف 2
·       Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana yang meliputi struktur kalimat dasar yang meliputi  ضمير dan  اسم إشارة مفرد 
·       Merespon gagasan yang terdapat dalam hiwar dan teks lisan sederhana yang meliputi   تعارف 2   dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  ضمير dan  اسم إشارة مفرد 


Materi Pokok :
Istima’ tentang تعارف 2   dengan menggunakan 20 mufradat baru seperti هذا- هذه- هو- هي- يا- تلميذ- تلميذة- مدرس- مدرسة   dengan struktur kalimat dasar yang terdiri dari(هذا/هذه) + علم – ضمير (هو/هي) + اسم     اسم إشارة مفرد seperti هذا حسن،هو تلميذ – وهذه آمنة، هي تلميذة   dan pertanyaan   من..؟ هل...؟- نعم/لا


Indikator :              
·        Mendemonstrasikan  تعارف 2   sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·        Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·        Menjelaskan ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد     yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 2   yang diperdengarkan
·        Menjelaskan makna ragam  ضمير dan  اسم إشارة مفرد  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang تعارف 2    yang diperdengarkan
·        Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 2    dengan struktur kalimat dasar    ضمير dan  اسم إشارة مفرد   yang diperdengarkan
·        Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang تعارف 2  yang diperdegarkan


Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)


Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
·        Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  تعارف 2   yang pernah didengarnya
·        Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan  تعارف 2  

b.   Kegiatan inti
·                   Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang تعارف 2    yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
·       Siswa mendemonstrasikan  تعارف 2  sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·       Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
·        Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·        Siswa mengidentifikasi ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·        Siswa menjelaskan ragam   ضمير dan  اسم إشارة مفرد   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
·        Siswa mengidentifikasi makna ragam  ضمير dan  اسم إشارة مفرد    yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 2    yang diperdengarkan
·        Siswa menjelaskan makna ragam  ضمير dan  اسم إشارة مفرد    yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 2    yang diperdengarkan
·                   Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang تعارف 2    yang disimaknya dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o       Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v      makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v      Ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد   dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v      Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
·        Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya




Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, perangkat pembelajaran طارق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, koran, kaset, VCD, alat peraga, dsb.


Penilaian
a.   Bentuk tes  :  Lisan, tertulis dan peragaan               
b.   Materi tes   : 
      Tes lisan tentang:    
·                 penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·        penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
·        makna ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد  dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2     

      Tes tertulis tentang :           
·                 penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·        penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·        makna ragam ضمير dan  اسم إشارة مفرد  dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·        makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2     
·        kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai تعارف 2    dan    ضمير dan  اسم إشارة مفرد

        Peragaan :      mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang تعارف 2    yang disimaknya 







Mengetahui,                                                                  Guru Bidang Studi
Kepala Madrasah                                                         Bahasa Arab



_________________________                                  _______________________