Sabtu, 16 Oktober 2010

BAB I
PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
Negara Rusia (dahulunya Uni Soviet)(1) merupakan salah satu Negara di bagian Eropa Timur dan Utara Asia. Dahulunya Negara ini tergabung ke dalam Uni Soviet, namun setelah Uni Soviet bubar, maka Rusia mewarisi wilayah terbesar dari Uni Soviet (malah bias dikatakan pewaris terbesar Uni Soviet).
Negara ini dahulunya menganut paham komunisme pada waktu tergabung dalam Uni Soviet. Namun, pernah menjadi Negara Adi Daya selain Amerika Serikat yang pada masanya merupakan salah satu Negara kuat berkat Sumber Daya Manusia yang bagus.
Rusia, sebagai mana layaknya Negara-negara lainnya sangat memperhatikan bidang pendidikan. Pendidikan di Rusia dumilai sejak berumur 1 tahun pada Play Group sampai perguruan tinggi yang menyediakan Program Doktoral.

  1. RUMUSAN MASALAH
Pada makalah ini, akan dibahas mengenai Sistem dan Jenjang Pendidikan di Rusia.


  1. TUJUAN PENYUSUNAN MAKALAH
Makalah ini disusun untuk memenuhi Tugas Terstruktur Mata Kuliah Perbandingan Pendidikan.



















BAB II
PEMBAHASAN
PENDIDIKAN DI ASIA
Federasi Rusia / Rusia, adalah sebuah negara yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Cina (Tiongkok; RRT), Kanada atau Amerika Serikat. Penduduknya menduduki peringkat ketujuh terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan.
Negara ini dahulu pernah menjadi negara bagian terbesar Uni Soviet. Rusia adalah ahli waris utama Uni Soviet; negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya.
Saat ini Rusia berusaha keras untuk meraih status sebagai negara adidaya lagi. Meskipun Rusia adalah negara penting, tetapi statusnya masih jauh dibandingkan dengan status Uni Soviet dulu.
Pendidikan di Rusia disediakan oleh negara dan diatur oleh Departemen Pendidikan Federal. Daerah mengatur pendidikan mereka dalam yurisdiksi yang berlaku dalam kerangka undang-undang federal. Pada tahun 2004 belanja negara untuk pendidikan sebesar 3,6% dari APDB, atau 13% dari anggaran negara konsolidasi.

Sistem pendidikan di Rusia meliputi taman kanak-kanak (playgroup, sejak usia bayi 1 tahun sampai taman kanak-kanak lanjut sejak usia 3 tahun), sekolah menengah (sejak usia 6 tahun), "gimnasium" (semacam sekolah menengah dengan kurikulum yang lebih luas), sekolah dan sekolah kejuruan, perguruan tinggi (institut, universitas dan akademi).
Sekolah menengah terdiri dari 4 tahun sekolah dasar, 5 tahun sekolah menengah utama dan 2 tahun sekolah menengah penuh / kejuruan. Ada sekolah menengah khusus di mana mata pelajaran tertentu diutamakan, misalnya bahasa, matematika, fisika dan lain-lain. Sejumlah perguruan tinggi mengikuti sistem Barat dan mempunyai dua peringkat: BA (4 tahun) dan MA (2 tahun) tetapi kebanyakannya tetap sesuai sistem lama yaitu tanpa gelar BA dan MA (para tamatan diberi kualifikasi saja, misalnya guru sekolah, penerjemah, insinyur dan lain-lain) dengan tempo pelajaran 5-6 tahun. Jumlah universitas negeri (1994) ialah lebih dari 40, disertai 80 universitas khusus (teknik, medis, keguruan, pertanian) yang dulu bertaraf institut saja dan lebih dari 30 universitas swasta.







  1. PENDIDIKAN PRA-SEKOLAH
Pendidikan pra-sekolah dinamakan dengan Play Group dimulai dari usia 1-3 tahun. Kemudian, setelah itu dilanjutkan dengan Taman Kanak-Kanak (TK) untuk usia 3-6 tahun. Pendidikan ini tidak seperti sekolah, dan diselenggarakan oleh daerah atau pemerintah setempat.
Beberapa daerah seperti Moskow mengambil kebijakan untuk membiayai pendidikan prasekolah ini. Namun pada tahun 2004, pemerintah Pusat Rusia telah mengambil kebijakan untuk memberiukan bantuan kepada daerah untuk menyelenggarakan pendidikan pra-sekolah ini secara gratis

  1. PENDIDIKAN MENENGAH
Pendidikan menengah merupakan pendidikan wajib yang diselenggarakan oleh Negara. Pendidikan dasar berlangsung selama 9 tahun dengan dua tingkatan yaitu 4 tahun sekolah dasar dan 5 tahun sekolah menengah utama. Sekolah dasar (di Indonesia setingkat SD) adalah pendidikan dasar yang wajib dijalani oleh setiap anak, sebagaimana pendidikan SD di Indonesia kurikulum yang diajarkan mash bersifat keterampilan dasar.
Sama halnya dengan pendidikan menegah utama (setingkat SLTP di Indonesia) kurikuljm juga masih mengarah kepada hal yang bersifat umum dan mendasar).
Sampai pada jenjang ini, pemerintah menyediakan pendidikan Gratis bagi institute /lembaga pendidikan milik pemerintah.

  1. PENDIDIKAN LENGKAP SEKUNDER DAN KEJURUAN
Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, para siswa memiliki dua pilihan. Apakah ingin melanjutkan ke jenjang pendidkan lengkap sekundur atau kejuruan. Pada pendidikan lengkap sekunder, siswa harus menyelesaikan pendidikan selama dua tahun, untuk mendapatkan sertifikat. Setelah itu siswa dibenarkan untuk masuk ke jenjang Perguruan Tinggi /universitas dengan Sertifikat yang diperolehnya. Sertifikat yang diperoleh adalah Attestat o Srednem (Polnom) Obshchem Obrasovanii.
Atau siswa juga dibenarkan untuk masuk ke sekolah kejuruan. Sekolah ini menyediakan system pendidikan kejuruan setingkat Diploma dengan lama pendidikan yaitu 4 tahun. Pada jenjang ini, siswa diberikan kurikulum yaitu mengarah kepada komponen pelatihan kerja. Pada jenjang pendidikan ini siswa diberikan sertifikat non-gelar setingkat Diploma. Dan selesai mengikuti pendidikan ini, siswa dapat langsung terjun ke dunia kerja ataupun dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi, jika diinginkan.




  1. PENDIDIKAN TINGGI
Pendidikan tinggi di Rusia dapat diikuti oleh lulusan dari Pendidikan Lengkap Sekunder ataupun lulusan dari Sekolah Kejuruan. Untuk lulusan dari Pendidikan Lengkap Sekunder, jenjang pendidikan tinggi adalah sebagai berikut :
Tingkat Universitas Tahap Pertama : Tahap pertama terdiri dari paling sedikit dua tahun dari program studi pendidikan tinggi. Setelah menyelesaikan studi, siswa mendapatkan peringkat Diploma O Nepolnom Vysshem Obrazovanii yang entitles (non-gelar) atau sama dengan lulusan Sekolah Kejuruan untuk memperoleh pekerjaan, atau melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi.
Pendidikan tinggi Dasar atau disebut Bakalavr, adalah pendidikan setingkat Sarjana di Rusia, yang ditempuh dalam waktu lebih kurang 4 tahun. Bakalavr / Bachelor's). Kurikulum dijabarkan dalam program-program yang sesuai dengan Negara yang mengatur Standarisasi Pendidikan 50% dari isi, yang lainnya 50% dikembangkan oleh universitas.
Termasuk program profesional dan khusus di Sains, yang Insani sosioekonomi dan disiplin, pelatihan profesional, menyelesaikan penelitian karya / proyek dan duduk untuk ujian akhir Negara. Setelah mendapat gelar Bakalavr, siswa diperkenankan untuk memasuki program Magistr atau melanjutkan program-program studi dalam rangka program-program yang Spesialis Diploma. 
Pendidikan tingkat selanjutnya bagi lulusan Bakalavr adalah program Engineer (spesialis) atau program Magister. Pada program Engineer, lulusan Bakalavr harus menyelesaikan pendidikan selama 1 tahun, jenjang ini kalau di Indonesia dinamakan jalur pendidikan profesi. Sementara kalau pendidikan Magister, lulusan Bakalavr harus menyelesaikan pendidikan selama 2 tahun dengan gelar Magistr.
Menyelesaikan jenjang pendidikan ini, lulusan Magistr diberikan peluang untuk meneruskan program Kandidat Nauk / Aspirantura. Ini merupakan jenjang pendidikan setingkat Doktoral, selama lebih kurang 3 tahun. Dan akan diberikan gelar Ph.D atau Doktor setelah menyelesaikan Disertasi dan dipertahankan di hadapan umum.
Pendidikan tingkat tertinggi atau setingkat Profesor di Indonesia bias ditempuh oleh Doktor / Kandidat Nauk selama jangka waktu tidak tetap. Ini merupakan gelar ilmiah yang diberikan setelah adanya persiapan ilmiah umum dan mendapat pembelaan dari promotor.





BAB III
PENUTUP
Pendidikan di Rusia pada hakikatnya hamper sama dengan pendidikan di Negara-Negara Eropa dan Asia. Namun pendidikan di Rusia tetap memiliki cirri khas tersendiri. Jenjang pendidikan di Rusia meliputi :
  1. Pendidikan Pra-Sekolah
Meliputi Play Group (usia 1-3 tahun) dan Taman Kanak-Kanak (3-6 Tahun), dan dikelola oleh Daerah atau pemerintah setempat, dibiayai Negara kecuali swasta.
  1. Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah dibagi menjadi pendidikan dasar (setingkat SD) dimulai dari usia 6-10 tahun selama 4 tahun. Setelah itu dilanjutkan kepada Sekolah Menegah Utama selama 5 tahun. Pendidikan ini dibiayai oleh Negara secara gratis kecuali institute swasta.
  1. Pendidikan Lengkap Sekunder dan Kejuruan
Jenjang ini merupakan kelanjutan dari jenjang pendidikan menengah, yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu pendidikan Lengkap Sekunder yang dijalani selama 2 tahun dan lulusannya mendapatkan Sertifikat dan dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sedangkan Sekolah kejuruan disediakan untuk menjadikan lulusan yang siap bekerja, dilaksanakan selama 4 tahun dan lulusan mendapatkan gelar setingkat Diploma (tetapi gelar tidak disebutkan), dan dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
  1. Perguruan Tinggi
Pendidikan tinggi dapat diikuti oleh Lulusan Sekolah Lengkap Sekunder dengan Sertifikat. Jenjang yang diikuti adalah tingakt Universitas awal selama 2 tahun dengan diberikan pengekuan setinkat Diploma. Dan dilanjutkan dengan pendidikan Bakalavr / Bachelor atau setingkat Sarjana. Pada jenjang ini, llusan Sekolah Kejuruan dpaat langsung mengikutinya. Pendidikan ini dilaksanakan selama 4 tahun ,dan lulusan diberikan gelar Bakalavr.

Selanjutnya adalah jenjang pendidikan Magistr dan Profesi yang masing-masing selama 2 tahun dan 1 tahun. Kemudian ada pula pendiidkan setingkat Doktoral dan Profesor.

 DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar